Chapter X

Chapter X

*13 Februari 2013*

“Mo…!” Arie menjentik telinga kiri gue.

“Sakit, Bego!” teriak gue.

Arie nyengir.

“Lagi apa elu?

“Yang elu liat gue lagi apa?”

“Haish! Sewot banget sih…”

“Napa?”

“Ntar pulang sekolah temanin gue ke toko aksesoris ya?”

“Buat apa? Elu mo beli bando?” ejek gue.

“Boneka.”

“Sejak kapan elu tidur meluk boneka? Biasanya kan Buaya?”

“Bukan buat gue, Bego! Tapi buat Bebeb.”

“Hah! Buat pacar rupanya. Emang hari gini masih jaya gitu ngasih kado boneka ke pacar???”

“Apa salahnya?”

“Kirain udah gak jaman…”

“Menurut elu sekarang yang lagi booming ngasih hadiah apaan?”

“Yaaa….semacam Ipad, Samsung Galaxy Tab…”

“Gue aja nggak punya!” potong Arie.

Gue terkikik.

“Emang kapan Juwi ultahnya?”

“Kok ultah sih?”

“Lha, elu mo ngasih kado dalam rangka apa? Hari jadian—”

“Besok Valentine, Semprul!” Arie menonjok kepala gue.

“Ooohhh… Valentine ya?”

“Iya. Sekarang tanggal 13 Februari. Besok 14… Ah, payah deh kalo jomblo akut… Valentine aja kagak inget,” ledek Arie.

Gue mencebikkan bibir.

“Makanya buruan cari pacar, biar bisa ngerayain Valentine berduaan…”

“Gue udah punya pacar.”

“Siapaaa?”

“Elu, siapa lagi.”

“Bah!”

Gue berlagak santai.

“Oke, yah, pulang sekolah ntar temanin gue?” pinta Arie lagi.

“Iyaaa.”

[i]Valentine’s day.[/i] Hari kasih sayang.

Eh, kok gue keingetan sama Kak Jo ya?

Gue juga mau kasih hadiah ah, buat dia. Apa ya kira-kira?

“Valentine ini nggak terbatas buat pacar aja kan, Bray?” tanya gue.

“Iya nggaklah. Ke semua. Emang cuma pacar yang elu sayang?”

“Kalo gitu, gue mo kasih hadiah ke Kak Jo aja ah…”

“Mister Jo?”

“Iya.”

“Gue nggak?”

“Elu mo hadiah juga?”

“Iya. Gue kan cowok elu.”

“Tapi gue yang kedua.”

“Haish! Elu cowok gue yang pertama, tapi pacar gue yang kedua…”

Gue memutar bola mata.

“Harusnya elu yang kasih gue hadiah. Gue cowok elu, ban serep pula. Masa elu nggak kasihan ke gue?”

“Mendingan gue kasih ke Juwi, weee…!”

Gue meninju bahunya.

“Iya, iya. Besok gue kasih elu cokelat. Kita tukeran cokelat okey?”

“Okey!”

***

*Valentine’s Day*

Mario masuk ke kelas dengan siulan kecil. Di ujung meja, nampak Arie berdiri sambil senyam-senyum gak jelas.

“Kenapa elu?”

Arie masih senyam-senyum dengan satu tangan di belakang punggung.

“Gaje…” desis Mario sembari menaruh tas ke atas meja.

“Bray…!” seru Arie lantang di depan gendang telinga.

“Anj*ng!!!” teriak Mario kaget. “Gue belon budek, Bego!”

“Nih…” Arie menyodorkan sebatang Silver Queen.

“Eh?”

“Buat elu. Happy Valentine…”

“Hah!”

“Iya. Nih ambil.”

Mario menyambar cokelat itu cepat. “Beneran nih buat gue? Thanks yo…!” Mario langsung membuka bungkus cokelat tersebut dan melahapnya.

“Enak, Mo!” desisnya.

“Buat gue mana?” tanya Arie.

“Eh, elu yang ngasih masa minta bagi sih? Nggak boleh!”

“Maksud gue cokelat buat gue dari elu manaaa? Kemarin kan kita udah janji.”

“Ooohhh… Elu serius ya? Gue pikir kemaren itu bercanda…”

“Huhhh…”

“Bagi dua ini aja ya?”

“Sini!” Arie merebut kembali cokelat dari tangan Mario.

“SEMPRUL! Ngasih diambil lagi!”

“Nyesel gue ngasih elu.”

“Gue juga bisa beli kali!” balas Mario sembari berjalan menuju kantin. Setelah membeli dua batang Silver Queen, ia kembali menemui Arie.

“Nih!” ia memamerkan dua batang cokelat tersebut.

“Sini! Buat gue.”

“Ogah. Gue mo ngasih Kak Jo.”

Arie merengut.

***

***Mario***

Gue memacu motor dengan sedikit kencang dari biasanya. Hari ini gue pengen pulang cepat menemui Kak Jo. Gue pengen ngasih Cokelat di kantong gue buat dia. Semoga dia nggak mikir macam-macam nantinya.

Saat gue tiba, nampak tiga buah motor terpakir di pekarangan rumah. Siapa pemiliknya ya? Dari dalam juga terdengar suara riuh tawa.

“Assalamualaikuuummm…!” gue kasih salam.

“Wa’alaikumsalaaammm…!” balas suara beberapa orang di dalam seperti koor.

Gue langsung masuk dan mendapati Kak Jo, Kak Pipit, Kak Adit, Mbak Ajeng dan Mbak Farah duduk melingkar di depan TV.

“Eh, ada brondong cucok…” tegur Mbak Farah.

Gue senyum menanggapi tegurannya lalu langsung masuk ke kamar.

“Mario tinggal sama aku,” terdengar suara Kak Jo saat aku sudah di kamar.

“Kok gitu?”

“Iya.”

“Elu pada masih sodaraan atau gimana?”

“Nggak. Dia dititipin sama Mamanya ke aku selama menjelang UN,” terang Kak Jo.

“Jadi guru privatnya dia gitu?”

“Uhm, semuanya lah. Jadi guru juga, bantu-bantu jaga rumah juga, temen juga di sini…”

“Udah berapa lama?”

“Satu bulanan kali ya… Kira-kira segitu deh…”

“Oh, gitu…”

Gue terus mendengar percakapan mereka dengan seksama.

“Eh, katanya tadi elu mo kasih cokelat ke Jo, Jeng?” kedengarannya itu suara Mbak Farah.

“Eh, iya. Mana ya tadi?”

“Cie…cie… Ada apa niiihhh???” terdengar suara Kak Pipit menggoda.

“Modus nih kasih-kasih cokelat,” sambung Kak Adit.

“Sssttt…! Jangan gitu dong ah,” timpal Mbak Farah.

“Mana ya tadi? Di tas elu kali, Far?” terdengar suara Mbak Ajeng.

“Coba aja lihat…”

“Tuh kaaann, iya ini di tas elu… Nih, Jo, buat elu…” terdengar lagi suara Mbak Ajeng.

“Yuhuuu…!!!”

“Cieee… Suiittt… Suittt…!”

“Buat gue manaaaa???”

“Buat gue nih? Thanks ya, Jeng… Besok gue bales kasih cokelat juga,” kali ini suara Kak Jo.

“Duh, duh, duhhh… Tanda-tanda nih!” celetuk Kak Pipit.

Gue tanpa sadar meraba saku baju gue dan menggenggam sebatang Silver Queen dengan erat. Entah kenapa, tiba-tiba gue nggak yakin bakal ngasih cokelat ini ke dia.

Kak Jo itu straight. Mengharapkan dia sama aja dengan mengharapkan keajaiban. Walaupun keajaiban itu ada, tadi itu langka terjadi. Selain itu, di seberang sana, ada sosok gadis cantik yang bisa menaklukkan hati Kak Jo kapan aja. Dia Mbak Ajeng. Berani bertaruh cewek itu pasti punya hati sama Kak Jo.

Gue mendesah berat. Mendingan cokelat ini gue kasih ke Arie besok, desis gue sambil menaruhnya di atas meja.

Setelah rombongan teman dekat Kak Jo pulang, gue mencoba menggoda Kak Jo.

“Cie, cie, yang tadi dikasih cokelat…” kata gue.

“Eh, nguping ya?”

“Suaranya kuat gitu…”

Kak Jo monyongin bibirnya.

“Kayaknya Mbak Ajeng suka sama Kakak deh,” kata gue.

“Mungkin, hahaha…!”

“Kok ketawa?”

“Iya, maybe yes maybe no.”

“Kalo iya?”

“Haknya dia.”

“Kakak nggak punya rasa buat dia?” pancing gue.

“Uhmmm, kita itu temenan udah lama dan dekat banget. Nggak pernah kepikiran buat jadiin dia pacar…”

“Dan sekarang mulailah berpikir tentang kemungkinan itu.”

“Nggaklah. Ajeng nggak mungkin mikir gitu.”

“Who knows? Buktinya tadi dia ngasih cokelat di hari Valentine…” kata gue berusaha menutupi nada cemburu.

“Kalo emang itu spesial, nggak mungkinlah dia kasih di depan teman-teman. Lagian masa dia segamblang itu nunjukin rasa sukanya? Iya nggak?”

Bener juga sih…

“Tapi siapa tahu itu sinyal biar teman-teman kalian pada ngeh aja sama isi hati kalian berdua…”

“Nggak lah.”

Gue sedikit lega mendengar ucapannya itu. Semoga aja emang enggak.

Tiba-tiba gue kepikiran sama Silver Queen gue tadi. Hmm, kasih nggak ya?

“Kak, mau cokelat nggak?”

“Cokelat?”

“Iya. Tadi di sekolah ada yang bagi-bagi cokelat. Bentar, gue ambilin ya…” kata gue sambil buru-buru masuk ke kamar.

“Ini…” gue menyerahkan sebatang Silver Queen dari kamar.

“Siapa yang bagi-bagi cokelat?” tanya Kak Jo.

“Teman lokal sebelah!” jawab gue asal ngomong.

“Ooohhh… Thanks ya…”

Gue mengangguk.

“Eh, Arie nggak kamu hadiahi cokelat?”

“Arie…? Nggak…”

“Kok nggak?” tanya Kak Jo dengan bibir mulai membentuk senyum.

“Buat apa? Tadi justru dia yang ngasih gue cokelat…”

“Oh ya? Hahaha. Pasti berbunga-bunga banget dah tuhh…” goda Kak Jo.

“Apa deh. Biasa aja…” gue menggaruk-garuk kepala dengan kikuk.

“Masa??? Coba kita rontgen hatinya… Pasti ada taman bunga di sana…”

“Lebay deh ah!”

Kak Jo terkekeh.

“Seharusnya tadi cokelat dibalas cokelat juga ke dia…”

“Gitu ya?”

“Iya. Moment-nya pas. Sekalian nyatain cinta… Hehehe…”

“Hush! Dasar Iblis nih… Megajarkan kesesatan…” gue pura-pura manyun.

“Bukannya udah sesat dari sononya???”

“Hah!” gue mendorong Kak Jo. Ia tersandar ke sandaran sofa.

“Bukannya nuntun ke jalan yang benar, malah menjerumuskan elu, Kak…”

“Emang gitu?”

“Pura-pura gak tahu lagi…”

“Hehehehe… Lagian kamu juga sih, kok bisa-bisanya menyimpang? Kena pengaruh siapa sih kamu?”

“Nggak tahu. Bawaan lahir kali!”

“Mana ada!”

“Ada. Gue pernah baca kalo jadi gay itu ditentukan sejak dalam kandungan.”

“Hoax! Ngarang aja…”

“Gak percaya dia. Tanya noh sama Mbah Google…”

“Kalo gitu, jadi Gay gak dosa dong? Karena siapa juga yang mau jadi begitu? Sama aja artinya sudah garis tangannya jadi gay…”

“Gak tahu juga gue dah soal itu. Yang jelas gue rasa nggak ada deh orang yang suka rela jadi gay ataupun lesbi…”

“Tapi prilaku itu bisa dirubahkan?”

“Bisa, mungkin. Tapi keknya susah.”

“Asal kemauan kamu kuat…”

“Gay itu sama aja dengan kasus mencintai seseorang menurut gue. Emang bisa gitu kita mengarahkan kemana cinta kita akan berlabuh? Yang namanya cinta sama seseorang, gak bisa dipaksain Kak. Kakak sukanya sama si A, tapi disuruh kawin sama si B, pasti terjadi penolakan. Gitu juga gue. Gue demennya cowok, tapi dikasih cewek. Otomatis hati gue nolak dong???”

“Haish! Ribet dah…”

“Emang.”

“Nggak usah terlalu dipikirin, Yo. Fokus aja sama pendidikan kamu, banyak-banyak melakukan kegiatan positif aja biar pikiran kamu nggak mengarah ke sana.”

“Ya, Kak…”

Kak Jo senyum dan mengelus rambut gue.

Eh?

Darah gue berdesir.

*16 Februari 2013*

“Yo…!”

“Ya…?!”

“Kuah Sop tadi udah mendidih belum???!!!” teriak Johan dari teras.

“Nggak tau…!” balas Mario yang tengah ngetik di ruang tamu.

“Cek dulu!”

“Bentarrr…!”

“Kamu lagi apa sih???”

“Bentar, Kak! Lagi ngetik.”

“Ooohhh…”

Selang beberapa detik,,,

“Yo…! Cek sebentar gih…”

“Oke, oke. Bentar lagi.”

“Yo…!”

“Yaaaaaa….!!!”

“Ada cowok cakep tuh…!”

“MANA???” Mario langsung keluar.

“Mana? Mana???” ia celingak celinguk di depan pintu depan.

“Giliran cowok aja cepat…! Cowoknya udah pergi!”

Mario cengengesan. “Dasar tukang ngibul!”

“Cek Sup tadi gih. Kalo udah mendidih, masukin Kubisnya.”

Mario langsung ngeloyor pergi.

“Udah mendidih, Kak. Kolnya udah gue masukin. Gue ngetik lagi ya?” beritahu Mario.

“Ya, ya.”

Mario balik badan dan bersiap melangkah masuk.

“Yo, tadi pas kamu ke dapur, tuh cowok lewat lagi!”

“Ngicu*!”

“Beneran. Nggak percaya…”

“Udah ah! Gue gak tergoda!”

“Sebelas dua belas sama Arie.”

“Bodoh!” teriak Mario terus jalan. Tapi kemudian balik lagi dan nanya, “Beneran, Kak?”

Johan terkekeh.

“Bohong itu hukumnya dosa lho!”

Johan ngakak.

Begitulah yang terjadi semenjak Johan tahu tentang ke-gay-an Mario. Ia kerap kali iseng menggoda Mario. Tapi karena itu pula mereka berdua jadi makin dekat.

“Yo, udah belum ngetiknya?” tanya Johan sembari mendekati Mario.

“Dikit lagi. Napa Kak?”

“Supnya udah mateng. Makan yuk? Laper nih…”

“Duluan aja. Ntar gue nyusul.”

“Oke deh. Kakak duluan ya…”

Mario mengangguk sambil mempercepat gerakan jemarinya di atas keyboard. Setelah ketikannya selesai, ia langsung menyusul Johan di ruang makan.

“Kak Jo, malam ini gue mo nginap di rumah Arie ya…” beritahu Mario.

“Kenapa?”

“Nginap aja. Soalnya Minggu kemarin gue udah janji mo nginap di sana. Tapi karena insiden gue kabur itu, nggak jadi dah. Makanya malam Minggu kali ini gue ke sana…” terang Mario.

“Beneran cuma itu doang?”

“Ya, emang apa lagi?”

“Bukan pengen ngapelin kecengan?”

“Sekalian sih, hihihi…”

“Hmmm…!”

“Nggak kaleee…! Gue kan lebih mementingkan persahabatan dari pada cinta…”

Johan mencebikkan bibirnya.

“Arie kan udah jadi hak milik Juwi, Kak. Nggak mungkinlah gue mo ngerebut. Lagian kalo pun dia masih ngejomblo, belum tentu dia mo ama gue…”

“Puk…puk…puk…”

“Rrrr…!”

Johan nyengir.

***

Habis salat Isya, Mario pergi ke rumah Arie. Temannya itu tersenyum lebar menyambut kedatangannya.

“Napa elu senyam-senyum kek obeng kembang?” ledek Mario.

“Sebagai tuan rumah yang baik emang harus senyum menyambut tamunya…”

“Gaya-gayaan elu!”

“Dari pada gue manyun?”

Mereka berdua menuju kamar Arie, setelah bercengkrama sebentar dengan orang tuanya Arie di ruang tengah.

“Eh, tumben kamar elu agak rapi, Mo?” tanya Mario saat melihat keadaan kamar Arie yang tak berantakan seperti terakhir ia ke sana.

“Hahaha. Buat menyambut kedatangan elu…”

Mario monyongin bibirnya.

“Elu kan sekarang jadi cowok pembersih, jadi biar elu nyaman di kamar ini, gue bersihin dah semampunya…”

“Oh, jadi bersih karena gue doang nih?”

“Iya, nggak juga… Akh, kok pada bahas kamar sih?”

“Terus?”

“Bahas kita aja…”

“Kita? Elu aja kale, gue nggak!”

Arie misuh-misuh.

“Eh, gue nggak ganggu acara malming elu sama Juwi nih?”

“Nggak. Gue udah bilang sama Bebeb, kalo gue absen ngapelin dia malem ini…”

“Emang dia nggak marah gitu?”

“Nggak. Bebeb gue kan super baek…”

“Super baek atau emang dia udah punya ban serep…”

“Enak aja! Nggak mungkinlah…”

“Kalo elu, punya ban serep nggak?”

“So pastilah.”

“Ha?! Gila elu ya! Tega banget jadi orang!”

“Tegaan juga elu.”

“Kenapa gue? Nggak ada hubungannya lah!”

“Jelas ada. Soalnya ban serepnya itu elu, Mo!”

“Gue?”

“Iya. Elu kan pacar kedua gue. Udah berapa kali gue bilang??” Arie meletin lidah.

“Semprul!”

“Elu nggak terima?”

“Iya enggak lah. Gue pengennya jadi yang pertama, hihihi…”

“Wooo, dasar jablay!”

“Wajar dong, gue kan jomblo. Nah elu, udah punya cewek, masih aja cari belaian cowok! Dasar jablay lanang!”

“Emang kapan elu belai gue?!”

“Siapa juga yang mau belai elu?!”

“Hah! Lupakan! Ntar kuping-kuping di bawah pada shock dengar obrolan kita,” pungkas Arie.

“Elu yang mulai. Kalo mereka dengar, gue bilang aja elu barusan coba goda gue…”

“Pantek** elu, Mo!”

Mario ngakak.

“Mo, cari makan yuk?” ajak Arie tiba-tiba.

“Gue udah makan tadi. Emang elu belum makan?”

“Sudah sih. Maksud gue makanan lain…”

“Elu yang traktir ya?”

“Amaaannn… Yuk cabut!”

“Oke!”

***

***Mario***

Gue dan Arie pergi naek motor berdua menuju Bang Mego***, sebab di sekitaran pusat toko pakaian itu, jika petang menjelang para pedagang makanan gerobak berjejer di sepanjang jalan.

“Elu mau makan apa, Mo?” tanya Arie.

“Terserah dah…”

“Martabak?”

“Martabak boleh…”

“Martabak apa?”

“Martabak telur aja deh!”

“Sippo!” Arie menambah laju kecepatan motornya.

Kita berhenti di depan salah satu gerobak bertulis “Martabak Telur Kuah Kari”.

“Makan di sini atau bungkus, Bray?”

“Di rumah aja deh. Kita makan bareng keluarga elu aja,” usul gue.

“Oke. Bang, tiga loyang ya…”

Abang penjual mengangguk.

Sembari menunggu penjual martabak menyediakan pesanan kami, gue dan Arie duduk di bangku panjang.

Tiba-tiba HP gue bunyi. Sebuah SMS masuk.

[b]Dari: Kak Jo
Date: 16/02/2013
Time: 20.17

jaga sikap, ;D

Dari: Mario
Date: 16/02/2013
Time: 20.17

Apa deh?

Dari: Kak Jo
Date: 16/02/2013
Time: 20.18

hati2 ntar kebablasan.

Dari: Mario
Date: 16/02/2013
Time: 20.18

ngomongin apaan sh?

Dari: Kak Jo
Date: 16/02/2013
Time: 20.19

u know laahh…
Btw, arie gk ngapel si juwita?

Dari: Mario
Date: 16/02/2013
Time: 20.20

nggak. Makanya gw ke sini.

Dari: Kak Jo
Date: 16/02/2013
Time: 20.20

oh, jadi kamu yg ambil kesempatan yah… ;p

Dari: Mario
Date: 16/02/2013
Time: 20.21

mulai deh.. :[

Dari: Kak Jo
Date: 16/02/2013
Time: 20.21

cup cup. Udah, have fun y.

Dari: Mario
Date: 16/02/2013
Time: 20.22

Thx, :][/b]

Akh, seandainya elu tahu Kak, gue pengennya sama elu… Huhu.

========

Note:
*Ngicu/kicu : bohong
**Pantek : Kelamin Cwe.
***Bang Mego: kawasan perbelanjaan di Curup

One thought on “Chapter X

  1. Fandi 04/02/2013 pukul 12:55 pm Reply

    Nice Story, Di Tunggu Kelanjutannya, Tenang, Ud Gue Bookmark,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: