Chapter IX

Chapter IX

*04 Februari 2013*

Mario sedari tadi duduk tanpa berucap sepatah katapun ke Arie sejak kedatangannya di kelas sekitar sepuluh menit yang lalu.

Sikap Mario yang sedikit aneh itu, menerbitkan pertanyaan di hati sahabatnya itu.

“Eh, muka elu kusut banget dah! Kagak mandi ya, elu?!” ledek Arie.

Mario menoleh, tak merespon, lalu kembali mengarahkan pandangan ke arah lain.

“Kenapa elu, Bray? Datang Bintang ya?”

“Nggak,” jawab Mario super singkat.

“Terus kenapa? Pagi-pagi udah letoy aja! Semalam elu dikejar satpol PP?” Arie kembali melontarkan guyonan.

“Elu kira gue bencong?! Elu tuh gigolo!”

“Hahaha. Satu profesi juga, gak boleh saling meledek.”

“Elu kali, gue nggak.”

“Sewot amat, Mo?”

“Gue lagi malas ngomong ah.”

“Ada masalah apa, elu?”

“Cuma bad mood aja.”

“Haish! Cepat amat elu bad mood sih? Siangan dikit dong…”

“Diam deh elu, Mo! Suara elu bikin gue tambah puyeng!”

Arie mencebikkan bibirnya sambil mendorong bahu Mario sebal.

Mario tiba-tiba terkekeh.

“Semalam elu kemana, Bray?” tanya Mario. Nada suaranya kembali ceria seperti biasanya.

Arie mengerutkan keningnya.

“Aneh deh elu, Mo! Tadi jutek, kusut, sekarang ketawa-ketawa, ceria… Punya kepribadian ganda elu, eh?” tuding Arie.

Mario meletin lidahnya.

“Elu nggak lagi sakit kan? Obat elu masih ada kan?”

“Anjir elu! Emang gue stress apa?!”

“Kelakukan elu sih mengindikasikan demikian…”

“Elu tuh yang stress! Orang senang kok dipermasalahkan…” balas Mario. “Gue nanya, kemana elu kemaren? Jalan-jalan sama si Juwi lagi?”

“Iya. Cuma bentar doang. Sebelum Dzuhur kita udah pulang…”

“Ooohhh…”

“Emang kenapa? Elu sendiri?”

Mario menelan ludah. “Di rumah aja. Istirahat full. Kalo gue tahu elu ada di rumah, gue mo main ke sana…”

“Kenapa nggak SMS aja?”

“Biasanya elu kan pacaran mulu seharian penuh…”

“Fitnah elu.”

Mario nyengir.

“Minggu ini elu main ke rumah gue ya, Mo? Udah lama kita nggak tidur bareng lho… Paginya kita jogging terus makan Mie Ayam. Gue baru nemu warung Mie Ayam yang enak banget…”

“Oh ya?”

“Iya. Gue tahu dari Juwi…”

“Boleh tuh… Minggu depan ya?”

“Sip. Gue yang traktir.”

Mario mengacungkan jempolnya.

***

Pulang Sekolah…

“Assalamualaikum, Kak…” Mario memberi salam ke Johan yang tengah duduk di teras.

“Walaikumsalam…”

Mario tersenyum kikuk lalu langsung masuk.

Sesampai di kamar, ia langsung mengganti baju dengan pakaian rumah yang santai. Setelah itu ia melirik jam di Handphone. Pukul 14.07. Pantesan perutnya sedari tadi meronta-ronta minta diisi.

“Kak, udah makan?” tanya Mario.

“Sudah…”

“Makan lagi yuk?” ajak Mario.

“Kamu aja.”

“Ya udah. Gue makan yak?”

Johan mengangguk pelan. Amat pelan. Hanya dagunya saja yang bergerak sedikit.

Mario berlalu ke ruang makan. Ia menghela napas sejenak di samping dining table, lalu menuangkan segelas air putih dan menenggaknya hingga habis.

Sesak. Satu kata itu kembali melingkupi perasaannya.

Ia kembali menghela napas, berusaha untuk menyingkirkan perasaan itu sejenak. Ia membuka tudung saji lalu mencoba menikmati santap siangnya yang terasa hambar…

***

Selesai makan, Mario mengurung diri di kamar. Ia rebah di tempat tidur dan membuka BoyzForum.

*On BF*

[quote]
[b]OHMario:[/b]
bray, gue ketahuan😦

[b]Ariesboyz:[/b]
Ketauan apa?

[b]OHMario:[/b]
ketahuan sm pak guru kalo gw gay…

[b]Ariesboya:[/b]
X_X kok bs? Gmn ceritanya, Bray?

[b]OHMario:[/b]
gara2 film LOS itu. Gw kasih tuh film ke dia buat ditonton dr laptop gw. Terus gw tidur dan dia buka isi laptop gw. Secara di sana ada vid gay, ketahuan dah gw… :((

[b]Ariesboyz:[/b]
elu ceroboh bgt. Tp yo weslah. Ambil hikmahnya aja, Bray. Dengan dia tahu keadaan elu, jadi elu nggak perlu nutup2i lagi semuanya kan?

Terus reaksi dia gmn?

[b]OHMario:[/b]
iya. Gw mencoba think positiv, bray.

Tp yg gw sedih bray, sejak kemaren, sikapnya berubah. Gw ngerasain banget sikap dinginnya dia itu. :(( :(( :((

[b]Ariesboyz:[/b]
sabar aja. Mungkin ini yg terbaik buat elu. Semakin cepat dia tahu tentang elu, maka semakin mudah elu nentuin sikap elu ke dia.

Keep spirit, Bray. :*🙂

[b]OHMario:[/b]
thx bray. Semoga berakhir dengan indah, walaupun itu jauh dari kenyataan.

Gw sekarang udah gak peduli lagi sm perasaan gw. Yg terpenting bagi gw, sikap dia gak berubah ke gw bray. Gw rela kita cuma jadi kakak-adek…

[b]Ariesboyz:[/b]
sekali lagi gw cuma bs bilang sabar, Bray. Yakin aja, setiap masalah yang datang, pasti akan pergi.

[b]OHMario:[/b]
ya, bray. Gw harap masalah ini secepatnya pergi. Gw nggak mau krn masalah ini kehidupan gw jadi berantakan. Tadi aja gw mati-matian bersikap ceria di depan sohib gue coz gw nggak mau dia tanya macem2. *curcol*

[b]Ariesboyz:[/b]
hahaha. Good job, Bray. Emang nggak semua masalah harus diumbar, ye nggak? Apalagi kita cwo. Emang kita cwo apaan? Hihihi.

[b]OHMario:[/b]
emang situ cowok? :p

[b]Ariesboyz:[/b]
mau bukti? *plorotin celana*

[b]OHMario:[/b]
celana siapa???!!!

[b]Ariesboyz:[/b]
celana pak haji. -____-

[b]OHMario:[/b]
:D[/quote]

***

*08 Februari 2013*

Arie mencecar Mario dengan pertanyaan seputar mengapa kemaren ia bolos sekolah.

“Elu kemana, Bray? Sakit??”

Mario geleng kepala.

“Ada urusan penting?”

“Semacam itulah…”

“Urusan apa? Kok nggak kasih surat?”

“Nggak sempat. Mendadak soalnya.”

“Palingan elu kasih info ke gue dong. WA gue gitu…”

“Nggak kepikiran.”

“Hah! Emang sepenting apa sih? Gue boleh tau?”

“Akh! Elu kek wartawan gosip aja deh, Rie!” bentak Mario kesal.

“Yaahhh…” Arie kemudian terdiam.

Mereka membisu. Mario memilih meninggalkan kelas.

“Kenapa tuh anak?” tanya murid yang menempati bangku di belakang mereka.

“Tau tuh! Aneh banget dah…” jawab Arie.

***

***Johan***

[b]Dari: Arie
Date: 08/02/2013
Time: 07.48

Kk, Mario masuk hr ini.[/b]

Aku langsung menelepon Arie seusai membaca pesan singkat itu.

“Ya, Kak?” sahut Arie dari seberang sambungan.
“Mario masuk ya?”
“Ya.”
“Terus?”
“Dia nggak ngomong apa-apa. Pas gue tanya dia marah. Dia nggak suka. Emang ada apa sih sama dia?”

Aku menghela napas. Nggak mungkin aku mengatakan hal yang sebenarnya ke Arie.

“Kakak juga nggak tahu pasti, Rie. Dia juga nggak mau cerita ke Kakak…” jawabku akhirnya.

“Apa ya kira-kira? Baru kali ini sikapnya ajaib kek begitu. Biasanya kalo ada apa-apa, dia nggak segan-segan cerita ke gue…”

“Kalo sama kamu aja dia nggak mau cerita, apalagi sama Kakak, Rie…” kataku mencoba memperkuat jawabanku barusan.

“Iya. Tapi siapa tahu aja setelah dia tinggal bareng Kakak, dia jauh lebih terbuka ketimbang sama gue, gitu…”

“Nggak juga. Oh, ya, sekarang dia di mana?”

“Di luar kelas, Kak…”

“Oh, ya udah. Jangan kamu tanya-tanya lagi ya. Siapa tahu nanti dia sendiri yang cerita.”

“Ya, Kak. Rencananya gue mo buntutin dia, ntar pulang sekolah, biar tahu dia tinggal di mana. Nggak apa-apa kan?”

“Ide bagus. Tapi jangan sampai ketahuan. Entar dia kabur lagi…”

“Sip…”

“Thanks banyak ya, Rie. Satu lagi, jangan kasih tahu ke siapa-siapa, termasuk sama Mamanya…”

“Bukannya Tante harusnya tahu, ya?”

“Waktunya belum tepat. Tunggu aja dulu. Biar Kakak yang handle semuanya. Percaya kan sama aku?”

“Yoi, Mister Jooo…!”

“Oke. Selamat belajar ya…”

“Ya, Kak.”

Setelah memutuskan sambungan dengan Arie, aku kembali menghela napas.

Yo, kamu di mana sih? Ngapain pake kabur segala? Bikin repot aja dah!

***

Selepas Maghrib…

[b]Dari: Arie
Date: 08/02/2013
Time: 18.28

sory, Kak br ksh tau. Mario pulang ke rmh Mamanya.

Dari: Mr. Jo
Date: 08/02/2013
Time: 18.29

oh gitu. Thx infonya, Rie. Tp semalam Mamanya sendiri bilang kalo dia blm pernah ke sana lagi.

Dari: Arie
Date: 08/02/2013
Time: 18.31

ya sih. Tp sekarang dia udah pulang. Gw sendiri yg liat.

Dari: Mr. Jo
Date: 08/02/2013
Time: 18.31

kabar bagus kalo begt. Dia di tempat yg semestinya.[/b]

***

***Mario***

*08 Februari 2013, Pukul 14.15*

Gue lagi nonton TV di ruang keluarga saat Mama pulang. Melihat keberadaan gue di rumah, beliau nampak antusias.

“Yo…?”

“Baru pulang, Ma?”

“Iya. Tumben ke sini? Rindu ya sama Mama?” beliau tersenyum menggoda.

“Ya. Emang nggak boleh?”

“Hehehe… Gitu dong, sesekali sambangi Mama di sini…,” kata Mama. “Sudah makan?”

Gue mengangguk.

“Mama ke kamar dulu ya…”

Gue kembali mengangguk. Mama pun berlalu ke kamarnya, sementara gue kembali mantengin TV.

Beberapa saat kemudian, Mama kembali nyamperin gue dengan pakaian santainya.

“Apa kabar Jo, Yo?” tanya beliau.

Jo. Nama itu bikin dada gue sedikit sesak.

“Baik kok, Ma… Dia titip salam buat Mama.”

“Masih libur kuliah dia?”

Gue mengangguk.

Akh, stop dong, Ma, bahas soal dia, pinta gue dalam hati.

“Kamu masih rutin belajar nggak di sana?”

“Masihlah.”

“Konsisten sama tekad, Yo,” Mama mengingatkan.

Gue mengangguk.

“Eh, kamu nginap kan, Nak?”

“Iya dong, Ma…”

Mama tersenyum.

“Kalo gitu hari ini Mama sendiri yang mo masak buat kamu. Mau menu makan malam apa, Yo?”

“Apa ya? Capcay…” suara gue memelan.

“Capcay? Kamu mau Capcay?”

“Eh?” gue terkejut. Kenapa gue tiba-tiba kepikiran sama Capcay?

“Oke, ntar Mama masakin kamu Capcay….”

Gue mengangguk.

[i]”Kakak mau masak Capcay…”

“Kamu suka Capcay?”

Gue mengangguk.

“Naah, sekarang kamu bantu Kakak, oke? Pelajaran pertamanya kita mulai di dapur,” Kak Jo tersenyum lebar.[/i]

Entah kenapa gue teringat saat pertama kali masak bareng Kak Jo, persis di hari pertama gue resmi tinggal di rumahnya. Hari itu kita emang masak Capcay. Apa karena itu ya, gue jadi keingatan Capcay?

Huffh. Norak banget sih gue?!

“Eh, kamu makin sehat aja sekarang, Yo?” Mama memperhatikan perawakan gue.

“Masa sih? Padahal di sana Mario nggak senang-senang lho, Ma…”

“Beneran. Badan kamu nampak sehat. Sering olahraga ya bareng Jo?”

“Kadang-kadang…”

“Tapi muka kamu tuh nampak kelelahan…” Mama merapikan rambut gue.

“Agak tegang akhir-akhir ini, Ma. UN semakin dekat,” gue kasih alasan.

“Bawa enjoy aja, Nak. Jangan dijadikan beban. Kalo kamu udah punya persiapan, kenapa mesti ditakuti???”

Gue tersenyum tipis.

Akh, seandainya gue bisa cerita soal perasaan hati gue sekarang ke Mama…

“Mama nggak menuntut yang muluk-muluk kok, Yo. Kamu lulus dengan nilai baik aja cukup kok. Nggak perlu nilai terbaik…”

“Ya, Ma…”

Mama tersenyum dan menatap gue lembut. Tatapannya itu bikin gue pengen mewek.

“Mama nggak istirahat nih?”

“Ini juga lagi istirahat…”

“Nggak tidur siang?”

“Nggak ah…”

Haish! Gue pengennya Mama ninggalin gue sendiri sekarang.

“Hmm, Ma, Rio tinggalin ke kamar ya?”

“Ya, silahkan… Mau tidur ya?”

Gue mengangguk.

“Ya, tidur gih, biar wajahnya nggak kusut lagi…”

Gue tersenyum kecil.

Di kamar, gue langsung berbaring…

Permukaan ranjang terasa dingin, sedingin hati gue sekarang. Kamar ini juga terasa asing, seasing perasaan gue sekarang. Ada sesuatu yang kosong, hampa…

Gue menatap jarum jam yang berputar lambat.

Aneh. Jarumnya berputar mundur…

***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: